Saturday, June 18, 2016

Tips Pilih Kosmetik Hemat untuk Kulit Wajah Sangat Berminyak


Punya kulit berminyak itu ngeselin banget lho, soalnya pakai kosmetik apapun susah tahan lama di wajah. Satu poin penting dari perawatan maupun penggunaan kosmetik buat si kulit berminyak adalah jangan berlebihan dan jangan yang bahan-bahannya berat di kulit. Berat di sini maksudnya
mengandung minyak atau bahan yang dapat mengikis kelembaban kulit. Dari serangkaian kegiatan trial and error saya bergonta ganti kosmetik, akhirnya paham dengan kondisi kulit sendiri yang sangat berminyak.

Sabun Wajah

Pond’s atau Nivea bisa cocok, tapi sebaiknya justru jangan pakai yang untuk kulit berminyak, melainkan yang untuk kulit sensitif lebih aman. Itu karena sepertinya yang formula untuk kulit berminyak justru bersifat mengeringkan kelembaban kulit, sehingga kelenjar minyak bisa bekerja lebih keras mengeluarkan minyak untuk melembabkan wajah kembali.

Pelembab siang

Garnier Moisturizer Sakura/Lemon aman-aman aja, Citra mutiara juga masih aman. Yang pasti hindari pelembab dari merek-merek seperti Pond’s moisturizer, Olay, atau produk-produk lainnya yang mengandung mineral oil.  Hindari juga sunblock SPF 33. Mengapa SPF 33 tidak perlu?

SPF 33 mengandung minyak yang tinggi, di mana sifatnya seperti lilin di kulit, jadi bisa meleleh kalau kena panas. Jika ingin pakai sunblock, cukup gunakan SPF 15 yang berbentuk lotion ringan dan dioles berulang kali saat kegiatan di bawah terik matahari.

Bedak

Sebaiknya pakai bedak tabur seperti Marcks atau bedak baby. Kalau wajah jerawatan sampai meradang, pakai bedak tabur yang mengandung salicylic acid juga sah-sah saja.

Krim malam

Definitely not necessary. Pakai krim mata saja untuk mencegah kerutan. Krim malam yang diaplikasikan pada si kulit berminyak yang berada di cuaca tropis, biasanya kelembaban krim itu akan bertahan sampai pagi dan siang keesokannya, jadi malah bikin wajah berminyak 2x lipat. Ujung-ujungnya jerawatan deh.

Facial Scrub

Pengelupasan sel kulit mati sebaiknya dilakukan seminggu 1-2 kali. Tapi jangan pilih sembarang facial scrub, harus yang sesuai dengan kulit berminyak. Sariayu Facial Scrub Jeruk buat saya cocok banget, plus tambahkan sedikit baking soda/soda kue untuk memperbanyak scrub-nya. Repurchase Sariayu Facial Scrub Jeruk? Pastinya.

Alas bedak (foundation)


Kalau menurut banyak artikel kecantikan, katanya sih wajah berminyak sebaiknya menggunakan foundation jenis liquid atau cair, tapi saya sangat tidak setuju. Menurut pengalaman pribadi saya, wajah berminyak lebih cocok pakai foundation yang berbentuk creamy.

Pembersih Wajah dan Make up Remover

Kosmetik unutk membersihkan wajah harus pilih-pilih juga, lebih baik jangan pakai yang mengandung minyak apabila tidak menggunakan make up terlalu tebal. La Tulipe Eye Make Up Remover atau Pixy Cleansing Express paling pas buat si kilang minyak seperti saya.

Satu lagi, saya tidak menggunakan pembersih wajah merek tertentu, hanya menggunakan alkohol 70%. Lho kok alkohol dipakai di muka? Jadi begini, wajah yang berminyak dan jerawatan itu kan sama saja seperti kulit yang luka, nah cara kerja alkohol ini adalah membersihkan kulit dari kuman.

Jadi cukup tuangkan alkohol di kapas lalu oleskan pada wajah dan leher sampai terasa bersih. Setelah membersihkan wajah, sebaiknya pakai toner supaya wajah tidak menjadi sangat kering yang berpotensi memicu kelenjar minyak di wajah lebih aktif lagi.

*****

No comments:

Post a Comment