Saturday, May 28, 2016

Parfum dengan Wangi Dedaunan Hijau/Green Notes


Bicara soal parfum atau cologne, preferensi saya lebih suka yang aromanya mengingatkan saya akan hijaunya pepohonan di hutan dan gunung. Parfum jenis ini sebenarnya lebih sering diperuntukan bagi parfum cowok. Anyway, ini dia wewangian maskulin yang jadi andalan saya,
yaitu Bellagio Stamina yang kemasannya botol beling warna hijau, dan Casablanca Intense botol plastik warna merah. Nah pada tulisan kali ini, saya mau mengulas tentang aroma kedua cologne ini.


Awal kesukaan saya dengan aroma dedaunan, karena saya suka suasana hutan dan gunung, di mana banyak pepohonan dan tumbuhan hijau. Kalau disuruh memilih antara gunung atau pantai, saya pilih gunung.

Kira-kira waktu tahun 2007-an, iseng-iseng baca katalog Oriflame, terus saya nemu parfum bertajuk Life Circle Leaf yang aromanya benar-benar melukiskan dedaunan basah yang ada di kebun atau hutan. Menurut informasi dari fragrantica.com, Oriflame Life Circle Leaf memiliki piramida parfum yaitu:
  • Fase pertama (top notes) terdiri dari Ginger dan Ivy
  • Fase kedua (middle notes/heart notes) terdiri dari Lily-of-the-valley dan Jasmine
  • Fase penutup (base notes) terdiri dari Musk dan Amber
Dan benar saja, saya sangat cocok menggunakan parfum ini, terlebih dibuktikan dengan pendapat teman-teman yang mencium aroma tersebut yang sudah bercampur dengan keringat saya (iyuhh). Wait, enggak usah jijik donk denger kata keringat, karena memang menurut banyak jurnal ilmiah, parfum yang dikenakan seseorang akan mengalami reaksi kimia ketika bercampur dengan keringat di tubuh, sehingga aroma suatu jenis parfum bisa berbeda di tubuh setiap orang, baik cewek atau cowok.

Tapi sayang, kayaknya Oriflame enggak mau produksi lagi parfum Life Circle Leaf ini, entah apa alasannya, biasanya sih kemungkinan karena memang peminatnya kurang, maklum namanya persaingan bisnis, kalau barang enggak laku udah pasti bakal menghilang dari pasar. Jadi sedih deh, nyari parfum yang wanginya begini di mana lagi coba?

Mulai deh saya mencari-cari, dari counter ke counter di beberapa department store, sampai ke toko refill parfum, nah di toko refill parfum inilah saya ketemu dengan jenis Davidoff Cool Water Game yang wanginya mirip Oriflame Life Circle.

Tapi namanya parfum refill, produk yang dijual ya seadanya, apalagi orang yang meracik parfum pun bukan ahlinya melainkan cuma penjaga toko biasa. Sampai pada akhirnya saya mendapatkan wangi parfum yang aneh banget. Jadi kapok deh beli parfum refill.

Makanya, saran saya buat kamu yang ingin beli parfum refill, jangan BEEM (banyak maunya, Red) kalo cari wewangian  kayak saya ini, yang jamak aja cari parfumnya misal aroma buah-buahan, vanila, citrus, atau yang fresh kayak wangi sabun mandi pasti banyak tuh.

Saya pun menyerah mencari  minyak wangi beraroma dedaunan, iseng-isenglah nyium cologne di Indomart, Alfamart, DanDan, Carrefour, Hypermart dll, ketemulah Bellagio Stamina dan Casablanca Intense (botol spray plastik warna merah). Yup, dua cologne ini recommended buat kamu yang suka wangi dedaunan hijau.

Menurut perkiraan sotoy saya, Bellagio Stamina dan Casablanca Intense punya piramida parfum dengan karakter Green Notes seperti yang terdapat pada Oriflame Life Circle Leaf itu, dan sepertinya juga sedikit terdapat kesan animalic smells seperti Musk. Selain karakter green, juga terasa kesan ozonic/aquatic dengan sedikit jejak wangi floral.

Yang pasti notes parfumnya minus wewangian sweet seperti fruity (misal vanila atau strawberry), flowers, dan juga tidak ada jejak woody, oriental/spicy yang berkesan warm.

Saya pakai cologne Bellagio Stamina dikombinasikan sedikit dengan cologne yang punya karakter wangi floral, musky dan fresh, perbandingannya kira-kira 6:1. Cologne wangi floral seperti yang terdapat pada Vitalis Bizarre, Enchanteur Charming, dan Regazza Glow yang botor beling putih.

Jadi meskipun pakai cologne cowok, kesan feminin juga akan muncul dengan menambahkan karakter floral dari ketiga cologne ini.
*****

Source:
http://www.fragrantica.com/
http://www.basenotes.net/



No comments:

Post a Comment